Cari Blog Ini

Jumat, 30 Agustus 2013

Contoh Makalah tentang ceramah



POKOK-POKOK CERAMAH DAN NASKAH CERAMAH
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas Bahasa dan Sastra Indonesia






Disusun Oleh :
Nama : Risma Wardani ZP
Kelas : XI IPA 4
Nis : 121310026

SMAN 1 CILIMUS
Jl. Panawuan No.221 Cilimus Kuningan 45556
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah.

Penulis menyadari betul sepenuhnya bahwa tanpa bantuan dari berbagai pihak, makalah ini tidak akan terwujud dan masih jauh dari sempurna, oleh karena itu dengan segala kerendahan hati penulis berharap saran dan kritik demi perbaikan-perbaikan lebih lanjut.


Akhir kata penulis berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.






Cilimus,    Juli 2013




Penulis





*   Naskah Ceramah
Asalamu`alaikum Wr.Wb
Alhamdulilah, alhamdulilahirobbil alamin wassolatu wassalamu alalmursalin wa`alaalihi wasohbihi ajma`in aamiin. Marilah kita panjatkan puji serta syukur kehadirat Allah SWT yang mana telah memberikan berbagai kenikmatan berupa nikmat islam, nikmat iman, nikmat jasmani dan rohani dan nikmat yang lainnya yang tak mungkin bisa dihitung satu persatu.
            Solawat serta salam semoga tetap terlimpah curahkan kepada junjungan kita semua nabi Muhammad SAW kepada para keluarganya, kepada para sahabatnya dan tak lupa kepada kita sekalian yang insyaallah menjadi umatnya hingga akhir zaman nanti. Aamiin ya robbal alamin.
            Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan sebuah ceramah yang bertema tentang puasa. Arti dari kata puasa sendiri menurut bahasa yaitu menahan. Sementara menurut istilah yaitu menahan diri dari segala hawa nafsu dari terbit fajar hingga tenggelam matahari.
Hadirin sekalian,
            Puasa terbagi atas kategori wajib dan sunnah. Yang termasuk kategori puasa wajib yaitu puasa bulan ramadhan, puasa nazar, dll. Sementara yang termasuk kategori puasa sunah diantaranya puasa hari senin kamis, puasa rajaban, dll.
            Orang muslim wajib berpuasa sebagaimana tercantum dalam surah Al-Baqoroh ayat 183. Barang siapa yang tidak berpuasa tanpa alasan, maka sesungguhnya ia termasuk orang yang tidak beriman dan mendapat dosa besar. Sesungguhnya orang yang tidak berpuasa dibulan ramadan tanpa alasan adalah ia sedang mempersulit dirinya sendiri untuk masuk surga. Sementara bagi orang yang sedang udzur, boleh tidak berpuasa di bulan Ramadhan tetapi harus menggantinya di lain hari sebelum bulan Ramadhan tiba lagi. Berikut hal-hal yang menyebabkan seseorang tidak diwajibkan berpuasa yaitu :
1. Wanita yang sedang menstruasi. Hal ini dikarenakan saat menstruasi wanita dalam kondisi lemah dan memerlukan banyak energi.
2. Orang yang sedang sakit, apabila sakitnya ringan dan tidak membahayakan saat berpuasa sebaiknya tetap melanjutkan berpuasa.
3. Seseorang yang sedang dalam perjalanan ±84 km dan memakan waktu sehari semalam.
4. Wanita yang sedang hamil
            Dan hal-hal lain yang dapat menyebabkan batalnya puasa seseorang harus diganti dilain hari. Apabila tidak sanggup untuk menggantinya dilain hari, maka wajib membayar fidyah.
            Mungkin sekian ceramah dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan apabila ada kata-kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.
Wasalamualaikum Wr. Wb.

PENUTUP

Demikianlah makalah yang saya buat semoga bermanfaat bagi orang yang membacanya dan menambah wawasan bagi orang yang membaca makalah ini.
Dan penulis mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata dan kalimat yang tidak jelas, mengerti, dan lugas mohon jangan dimasukan ke dalam hati.Sekian penutup dari kami semoga berkenan di hati dan kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar